Hobi Mancing-3 Family Ikan Esocidae yang dilarang di Impor-Mancing Mania

Hobi Mancing-3 Family Ikan Esocidae yang dilarang di Impor-Mancing Mania - Hallo sahabat MANCINGTRUS, Ini adalah sebuah blog directory yang bersumber dari feed blog maupun situs yang membahas tentang dunia Mancing atau hobi mancing (mancing mania).Kali ini kami akan sharing tentang Hobi Mancing-3 Family Ikan Esocidae yang dilarang di Impor-Mancing Mania, silahkan dibaca artikelnya dibawah ini.

Penyanyi : Hobi Mancing-3 Family Ikan Esocidae yang dilarang di Impor-Mancing Mania
Judul lagu : Hobi Mancing-3 Family Ikan Esocidae yang dilarang di Impor-Mancing Mania

lihat juga


Hobi Mancing-3 Family Ikan Esocidae yang dilarang di Impor-Mancing Mania

Jenis Ikan Esocidae yang dilarang di impor seperti Esox americanus, Esox lucius, Esox masquinongy

Berikut Jenis - Jenis Ikan Esocidae
Ikan jenis Esocidae termasuk jenis ikan yang tidak boleh diimpor dari luar negeri. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).

1. Esox americanus

Nama Ilmiah : Esox americanus
Nama Umum : redfin pickerel

Taksonomi Esox americanus
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Osteichthyes
Ordo : Esociformes
Family : Esocidae
Genus : Esox

Deskripsi Esox americanus
Ikan ini memiliki sisik pada pipi dan penutup insang, dan sedikit sisik atau bahkan tidak ada di bagian atas kepala. Warna sisi dorsal adalah hijau gelap sampai dengan coklat dan sisi ventral berwarna krim atau kuning. Esox americanus dapat tumbuh lebih dari 12 inci.

Habitat/Ekologi Esox americanus
Spesies ini dapat ditemukan di berbagai jenis habitat termasuk pada perairan kecil, tenang, perairan sungai yang memiliki banyak vegetasi, saluran drainase, kolam dan danau teluk kecil. Ikan ini lebih sering terlihat di sungai daripada di danau, atas substrat berbatu dan/atau berpasir. Telur Esox americanus tenggelam dan menempel di bawah pada vegetasi yang ada di dasar perairan tersebut. Ikan dewasa bisa bergerak ke hulu sungai untuk bertelur atau di rawa-rawa dimana vegetasi berlimpah selama musim semi dan kadang-kadang di musim dingin.

Penyebaran Daerah Asli Esox americanus
Penyebaran daerah asli yaitu wilayah perairan Canada, Amerika Serikat, sedangkan daerah asingnya sudah tersebar di wilayah Lereng Atlantik dari drainase St.Lawrence lembah Sungai di Quebec, Danau Okeechobee di Florida. Distribusi spesies ini juga meluas dari cekungan drainase Teluk barat ke Sungai Mississippi, Great Lakes baskom dan Brazos River, Texas, utara ke Nebraska, Wisconsin, Michigan dan selatan Ontario.

Penyebaran Daerah Asing Esox americanus
Spesies ini juga telah diperkenalkan ke berbagai lokasi di Amerika Serikat bagian barat (misalnya Washington, California, Colorado) dan timur Amerika Serikat.

Dampak Esox americanus
Dampak yang dapat ditimbulkan oleh spesies ikan ini adalah perubahan komposisi komunitas spesies ikan, baik oleh predasi dan persaingan dan dapat berhibridasi dengan spesies ikan asli.


2. Esox lucius

Nama Ilmiah : Esox lucius
Nama Umum : northern pike

Taksonomi Esox lucius
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Osteichthyes
Ordo : Esociformes
Famili : Esocidae
Genus : Esox

Deskripsi Esox lucius
Mulut dan hidung berbentuk moncong dengan gigi terlihat mencolok banyak di rahang. Sirip kekuningan atau coklat kemerahan, punggung, dubur, dan ekor dengan bintik-bintik gelap menyebar. Badan memanjang dan silindris, dalam penampang kurang bulat. Biasanya 500-900 mm (20-36 in) TL, maksimum sekitar 1250 mm (50 in). Esox lucius adalah ikan air tawar yang bersifat predator terhadap ikan lainnya.

Habitat/Ekologi Esox lucius
Esox lucius dapat ditemukan di beberapa tempat di seluruh dunia, termasuk daerah kutub karena mereka dapat hidup dan bertahan hidup dalam berbagai habitat. Biasanya ditemukan di air tawar meskipun baru-baru ditemukan hidup dalam air dengan kadar garam yang sedikit lebih rendah dari laut. Pike biasanya ditemukan dekat pantai di daerah vegetatif dangkal, meskipun mereka tidak tinggal di daerah yang sama sepanjang waktu karena mereka merupakan ikan yang bermigrasi dari suatu tempat ke tempat lain. Pike biasanya ingin tinggal di daerah dangkal tetapi telah menunjukkan bahwa mereka akan menuju ke tempat-tempat jauh dari pantai ketika berangin.

Penyebaran Daerah Asli Esox lucius
Albania, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Cina, Ceko, Belgia, Bosnia & Herzegovina, Bulgaria, Kanada, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Georgia, Jerman, Yunani, Holy See (Vatican City), Hungaria, Iran, Italia, Jersey, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Makedonia, Moldova, Monako, Mongolia, Belanda, Norwegia, Polandia, Rumania, Rusia, San Marino, Serbia, Slovakia, Slovenia, Swedia, Swiss, Turki, Turkmenistan, Ukraina, Inggris, Amerika Serikat, Uzbekistan.

Penyebaran Daerah Asing Esox lucius
Aljazair, Azores Island, Ethiopia, Irlandia, Maroko, Madagaskar, Portugal, Spanyol, Tunisia, Uganda.

Dampak Esox lucius
Dapat menyebabkan perubahan komposisi komunitas spesies ikan, baik oleh predasi dan persaingan. Ikan ini mampu beradaptasi dengan ikan mangsa apapun yang ada. Dapat juga berhibridasi dengan spesies ikan asli, misalnya Esox masquinongy di Amerika Serikat dan Kanada.


3. Esox masquinongy

Nama Ilmiah : Esox masquinongy
Nama Umum : muskellunge, allegheny river pike

Taksonomi Esox masquinongy
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Osteichthyes
Ordo : Esociformes
Family : Esocidae
Genus : Esox

Deskripsi Esox masquinongy
Muskellunge adalah anggota terbesar dari keluarga pike esocidae yang menyerupai tombak dengan panjang maksimum 183 cm. Warna perut putih atau berwarna krem dan sering memiliki bintik-bintik kecoklatan atau keabu-abuan. Pada sirip punggung dan dubur memiliki warna yang cukup bervariasi mulai dari kehijauan sampai kecoklatan merah darah dan biasanya memiliki tanda gelap. Gigi tajam, langit-langit mulut memiliki bantalan lebih pendek, gigi bengkok. Pipi dan tutup insang memiliki sisik di bagian atas saja. Bagian bawah rahang memiliki pori-pori sensorik dengan jumlah yang bervariasi mulai dari 12 sampai 20, tetapi biasanya berjumlah 15-18. Gigi terlihat banyak di rahang, tidak ada sungut, sirip kekuningan atau coklat kemerahan, punggung, dubur, dan ekor dengan bintik-bintik gelap menyebar. Spesies ini memiliki dampak yaitu mengurangi jumlah ikan kecil dengan cara predasi.

Habitat/Ekologi Esox masquinongy
Habitat/ekologi yaitu menghuni sungai air tawar dan danau dan dapat bertahan dalam berbagai suhu air. Muskellunge lebih suka air pada kisaran 67 hingga 72 derajat dan hampir tidak pernah ditemukan di perairan dengan temperatur di bawah 68 oC. Tidak bisa beradaptasi dengan air yang keruh dalam waktu yang cukup lama. Memiliki sarang dan jarang meninggalkan sarang mereka, kecuali untuk bertelur.

Penyebaran Daerah Asli Esox masquinongy
Habitat asli Muskellunge melimpah di banyak danau dan sungai di sebagian besar Amerika Utara seperti St Lawrence River - Great Lakes, Hudson Bay (Red River) dan cekungan Sungai Mississippi, namun konsentrasi terbesar dapat ditemukan di perairan negara bagian Midwestern dan nyaris mencapai ke Kanada.

Penyebaran Daerah Asing Esox masquinongy
Penyebaran daerah asing dari ikan jenis ini belum diketahui

Dampak Esox masquinongy
Dampak yang dapat ditimbulkan oleh spesies ikan ini adalah perubahan komposisi komunitas spesies ikan, baik oleh predasi dan persaingan dan dapat berhibridasi dengan spesies ikan asli.

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaa


Demikianlah Artikel tentang Hobi Mancing-3 Family Ikan Esocidae yang dilarang di Impor-Mancing Mania

,dan sekian dulu kita bahas Hobi Mancing-3 Family Ikan Esocidae yang dilarang di Impor-Mancing Mania,semoga bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel Hobi Mancing-3 Family Ikan Esocidae yang dilarang di Impor-Mancing Mania dan artikel ini url permalinknya adalah https://mancingtrus.blogspot.com/2014/12/hobi-mancing-3-family-ikan-esocidae.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.