Hobi Mancing-5 Jenis Larangan Ikan Impor Famili Salmonidae (Salmon)-Mancing Mania

Hobi Mancing-5 Jenis Larangan Ikan Impor Famili Salmonidae (Salmon)-Mancing Mania - Hallo sahabat MANCINGTRUS, Ini adalah sebuah blog directory yang bersumber dari feed blog maupun situs yang membahas tentang dunia Mancing atau hobi mancing (mancing mania).Kali ini kami akan sharing tentang Hobi Mancing-5 Jenis Larangan Ikan Impor Famili Salmonidae (Salmon)-Mancing Mania, silahkan dibaca artikelnya dibawah ini.

Penyanyi : Hobi Mancing-5 Jenis Larangan Ikan Impor Famili Salmonidae (Salmon)-Mancing Mania
Judul lagu : Hobi Mancing-5 Jenis Larangan Ikan Impor Famili Salmonidae (Salmon)-Mancing Mania

lihat juga


Hobi Mancing-5 Jenis Larangan Ikan Impor Famili Salmonidae (Salmon)-Mancing Mania

Berikut Jenis - Jenis Ikan Salmonidae
Ikan jenis Salmonidae termasuk jenis ikan yang tidak boleh diimpor dari luar negeri Seperti Oncorhynchus mykiss, Salmo salar, Salmo trutta, Salvelinus fontinalis, Salvelinus namaycush,  Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).
1. Oncorhynchus mykiss

Nama Ilmiah : Oncorhynchus mykiss
Nama Umum : coast angel trout, rainbow trout, rainbow trout, redband,
redband trout, salmon trout, silver trout, steelhead, steelhead trout, steelhead trout, summer salmon.

Taksonomi Oncorhynchus mykiss
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Salmoniformes
Famili : Salmonidae
Genus : Oncorhynchus

Deskripsi Oncorhynchus mykiss
Oncorhynchus mykiss (rainbow trout) adalah ikan yang banyak diintroduksikan di dunia. Ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 122 cm dan berat 16,3 kg. Bentuk tubuh memanjang dengan kepala agak besar dan mulut yang memanjang di belakang mata. Ikan ini memiliki warna yang bervariasi. Ikan ini memiliki warna keperakan dengan hijau zaitun tua di bagian belakangnya. Bagian sisi berwarna keperakan dan permukaan perut berwarna putih.

Habitat/Ekologi Oncorhynchus mykiss
Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang bisa ditemukan di danau dan muara sungai. Ikan ini bermigrasi ke laut jika kondisi memungkinkan. Ikan ini menyukai perairan dengan kondisi yang bersih dengan suhu sekitar 12 °C dan dapat mentolerir kondisi suhu pada kisaran 10 °C - 24 °C.

Penyebaran Daerah Asli Oncorhynchus mykiss
Amerika Serikat

Penyebaran Daerah Asing Oncorhynchus mykiss
Afganistan, Albania, Argentina, Australia, Austria, Belgia, Bolivia, Bosnia, Brazil, Bulgaria, Kamerun, Chili, Cina, Kolumbia, Kongo, Denmark, Estonia, Etiopia, Finlandia, Perancis, Prancis, Jerman, Yunani, Guatemala, Guyana, Honduras, Hongaria, Islandia, India, Indonesia, Iran, Irak, Irlandia, Italia, Jepang, Jordan, Kenya, Korea, Libanon, Malawi, Malaysia, Mauritius, Maroko, Nepal, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Pakistan, Panama, Papua Nugini, Peru, Polandia, Portugal, Puerto Rico, Rumania, Afrika Selatan, Spanyol, Sri Lanka, Sudan, Swaziland, Swedia, Swiss, Taiwan, Tanzania, Thailand, Turki, Uganda, Inggris Raya, Amerika Serikat (AS), Uruguay, Venezuela, Zimbabwe

Dampak Oncorhynchus mykiss
Dampak yang dapat ditimbulkan adalah dapat menularkan penyakit, predasi dan kompetisi dengan spesies ikan endemik. Ikan jenis ini mampu berhibridasi beberapa jenis ikan salmon endemik, dan mempengaruhi integritas genetiknya. Ikan ini juga membawa protozoa (Myxobolus cerebralis) yang menyebabkan disfungsi pada sistem saraf dan dapat menyebabkan kelengkungan tulang punggung, sehingga ikan yang terserang berenang dengan gerakan spiral.


2. Salmo salar

Nama Ilmiah : Salmo salar
Nama Umum : atlantic salmon, black salmon, bradan, braddan, breeder,
caplin-scull salmon, common atlantic salmon, echter lachs, fiddler, grayling, grilse, grilt, kapisalirksoak, kapisilik, kavisilik, kebleriksorsoak, kelt, landlocked salmon, atlantic salmon, ouananiche, ouinanish, outside salmon, salmon, salmon peel, sea salmon, sebago salmon, silver salmon, slink, smolt, spring fish, spring salmon, winnish.

Taksonomi Salmo salar
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Salmoniformes
Famili : Salmonidae
Genus : Salmo

Deskripsi Salmo salar
Salmo salar merupakan ikan yang dapat tumbuh hingga mencapai berat 2,3 - 9,1 kg. Ikan yang hidup di perairan laut dapat mencapai ukuran lebih besar daripada ikan yang tumbuh di perairan tawar. Ikan terbesar yang pernah tertangkap di Atlantik yaitu berukuran 35,89 kg.

Habitat/Ekologi Salmo salar
Salmo salar adalaha spesies anadromous yang mendiami zona benthopelagic dari perairan tawar dan laut. Mereka lebih menyukai perairan yang dalam dan berarus cepat. Ikan ini mengawali hidupnya di sungai sebelum akhirnya mereka pindah ke laut pada musim semi atau musim panas ketika suhu permukaan diatas 8 °C. Sementara di laut, ikan jenis ini hidup pada rentang lingkungan yang luas dengan suhu 4 - 12 °C. Pada musim gugur ikan ini akan kembali ke sungai untuk berkembang biak dan biasanya ditemukan di tempat yang sama pada waktu mereka kecil.

Penyebaran Daerah Asli Salmo salar
Laut Baltik, Belgia, Kanada, Denmark, Estonia, Eropa, Kepulauan Faroe, Finlandia, Perancis, Guyana Perancis, Jerman, Greenland, Islandia, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Federasi Rusia, Slovakia, Spanyol, Swedia, Ukraine, Inggris Raya, Amerika Serikat.

Penyebaran Daerah Asing Salmo salar
Argentina, Samudra Atlantik, Australia, Brazil, Kanada, Chili, Cina, Siprus, Kepulauan Falkland (Malvinas), Yunani, Israel, Republik Korea, Selandia Baru, Singapore, Afrika Selatan, Turki, Amerika Serikat.

Dampak Salmo salar
Dampak yang dapat ditimbulkan oleh ikan jenis ini adalah penurunan populasi ikan endemik (terutama jenis salmonid lain) melalui predasi dan kompetisi dalam makanan dan sumberdaya penting lainnya.


3. Salmo trutta

Nama Ilmiah : Salmo trutta
Nama Umum : blacktail, brook trout, brown trout, finnock, galway sea
trout, gillaroo, herling, orange fin, orkney sea trout, peal, salmon trout, sea trout, sewin, whitling.

Taksonomi Salmo trutta
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Salmoniformes
Famili : Salmonidae
Genus : Salmo

Deskripsi Salmo trutta
Salmo trutta atau lebih dikenal dengan sebutan brown trout memiliki warna coklat keemasan. Bagian sisi berwarna keperakan atau kuning dan perut berwarna putih kekuningan, memiliki bintik-bintik gelap yang terkadang dilengkapi dengan lingkaran pucat yang tersebar di seluruh bagian tubuh bahkan sampai di bagian kepala dan sirip. Ikan jenis ini hampir sama dengan jenis rainbow trout, akan tetapi perbedaannya adalah ikan ini tidak memiliki warna merah pada sirip adiposa, dan pada rainbow trout tidak memiliki bintik-bintik hitam pada tubuhnya.

Habitat/Ekologi Salmo trutta
Brown trout merupakan ikan air tawar yang bisa bertahan hidup di laut. Mereka tinggal di dasar perairan dengan bersembunyi pada vegetasi air atau pada bebatuan yang ada di peraran tersebut. Mereka menyukai perairan dengan suhu 18 - 23 °C.

Penyebaran Daerah Asli Salmo trutta
Afganistan, Afrika, Samudra Arktik, Armenia, Asia, Samudra Atlantik, Australia, Laut Baltik, Belgia, Kanada, Denmark, Estonia, Eropa, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Islandia, Iran, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Laut Tengah, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Federasi Rusia, Slovakia, Spanyol, Swedia, Turki, Inggris Raya (UK).

Penyebaran Daerah Asing Salmo trutta
Afrika, Argentina, Samudra Atlantik, Australia, Bhutan, Bolivia, Kanada, Chili, Kolumbia, Siprus, Ekuador, Etiopia, Kepulauan Falkland (Malvinas), Fiji, Finlandia, India, Iran, Jepang, Jordan, Kenya, Lesotho, Madagaskar, Malawi, Maroko, Nepal, Belanda, Selandia Baru, Samudra Pasifik, Pakistan, Panama, Papua Nugini, Peru, Puerto Rico, Afrika Selatan, Amerika Selatan, Sri Lanka, Swaziland, Tanzania, Amerika Serikat (AS), Zimbabwe.

Dampak Salmo trutta
Brown trout mengakibatkan penurunan populasi ikan endemik (terutama salmonid lain) melalui predasi dan kompetisi dalam makanan. Ikan ini bisa berhibridasi dengan spesies ikan endemik di Amerika.



4. Salvelinus fontinalis

Nama Ilmiah : Salvelinus fontinalis
Nama Umum : brook trout, eastern brook trout, speckled trout, squaretail.

Taksonomi Salvelinus fontinalis
Kingdom : Animalia
Filum :Chordata
Kelas :Actinopterygii
Ordo :Salmoniformes
Famili :Salmonidae
Genus :Salvelinus

Deskripsi Salvelinus fontinalis
Salvelinus fontinalis atau lebih dikenal dengan sebutan brook trout memiliki warna hijau sampai coklat kuning keemasan. Bagian sisi berwarna keperakan atau kuning dan perut berwarna putih kekuningan, memiliki bintik-bintik gelap ataupun bintik bintik merah yang terkadang dilengkapi dengan lingkaran pucat yang tersebar di seluruh bagian tubuh bahkan sampai di bagian kepala dan sirip. Ikan jenis ini hampir sama dengan jenis rainbow trout, dan brown trout.

Habitat/Ekologi Salvelinus fontinalis
Brooktrout (Salvelinus fontinalis)memiliki habitat di sungai, danau, dan sungai-sungai kecil menengah, rawa, muara, pesisir atau, neritopelagic, sampai lingkungan laut bersuhu dingin sampai sedang (0-25 oC). Sebagian besar tetap berada dalam perairan air tawar, namun ada juga yang anandromous, bermigrasi ke laut di musim semi. Trout sungai yang demersal akan lebih memilih untuk menghuni kolam dengan puing-puing kayu yang besar. Mereka relatif toleran terhadap air dengan pH sampai 5.0.

Penyebaran Daerah Asli Salvelinus fontinalis
Kanada dan Amerika Serikat.

Penyebaran Daerah Asing Salvelinus fontinalis
Argentina, Australia, Austria, Belgium, Bolivia, Bulgaria, Canada, Chile, Colombia, Cyprus, Czech Republic, Denmark, Estonia, Finland, France, Germany, Greece, Hungary, India, Iran, Italy, Japan, Kenya, Latvia, Lithuania, Mexico, Morocco, Netherlands, New Zealand, Norway, Papua New Guinea, Peru, Poland, Portugal, Romania, Russian Federation, Serbia and Montenegro, Slovakia, Slovenia, South Africa, Spain, Sweden, Switzerland, Turkey, United Kingdom, Venezuela, Zimbabwe.

Dampak Salvelinus fontinalis
Brook trout mengakibatkan penurunan populasi ikan endemik (terutama salmonid lain) melalui predasi dan kompetisi dalam makanan (pengurangan populasi amfibi). Ikan ini dapat berhibridisasi dengan spesies ikan endemik di Amerika.



5. Salvelinus namaycush

Nama Ilmiah : Salvelinus namaycush
Nama Umum : lake trout,mackinaw, lake char, touladi, togue, grey trout, siscowet, paperbelly, lean.

Taksonomi Salvelinus namaycush
Kingdom : Animalia
Filum :Chordata
Kelas :Actinopterygii
Ordo :Salmoniformes
Famili :Salmonidae
Genus :Salvelinus

Deskripsi Salvelinus namaycush
Salvelinus namaycush atau lebih dikenal dengan sebutan lake trout memiliki warna krim bintik-bintik yang ditemukan di kepala dan tubuh, serta sirip punggung dan ekor. Berat rata-rata S. namaycush adalah sekitar 3 kg, tetapi individu dapat tumbuh sampai 27 kg. Rata-rata panjang total S. namaycush bervariasi 45-68 cm. Tubuh adalah abu-abu batu tulis untuk kehijauan dengan bawah ringan dan sirip ekor cagak. Sirip lebih rendah pada tubuh adalah oranye-merah dengan tepi putih.

Habitat/Ekologi Salvelinus namaycush
Lake trout (Salvelinus namaycush)memiliki habitat di air tawar.Salvelinus namaycush ditemukan di danau dan sungai dalam berbagai ukuran. Salvelinus namaycushmempunyai kemampuan menghuni lingkungan bentik, dan bersaing dengan jenis ikan lainnya. Dalam kolom air, Salvelinus namaycush ditemukan padakedalaman yang dalam dan dangkal, tergantung pada lokasi dan waktu, serta tahap perkembanganS. namaycush. Ikan ini lebih suka suhu di bawah 13 °C, dan jarang ditemukan di danau dengan pH kurang dari 5,2.

Penyebaran Daerah Asli Salvelinus namaycush
Kanada dan Amerika Serikat.

Penyebaran Daerah Asing Salvelinus namaycush
Argentina, Austria, Bolivia, Czech Republic, Denmark, Finland, France, Germany, Italy, Japan, Morocco, New Zealand, Norway, Peru, Slovakia, Spain, Sweden, Switzerland, United Kingdom.

Dampak Salvelinus namaycush
Introduksi spesies invasif trout Salvelinus namaycush memiliki efek merugikan pada keanekaragaman hayati asli di seluruh dunia. Banyak spesies ikan dipengaruhi oleh ikan ini, tidak hanya oleh kompetisi tetapi juga predasi. Di Amerika Serikat banyak spesies endemik terganggu karena kehadiran S. namaycush.
Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula
Semoga Bermanfaat


Demikianlah Artikel tentang Hobi Mancing-5 Jenis Larangan Ikan Impor Famili Salmonidae (Salmon)-Mancing Mania

,dan sekian dulu kita bahas Hobi Mancing-5 Jenis Larangan Ikan Impor Famili Salmonidae (Salmon)-Mancing Mania,semoga bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel Hobi Mancing-5 Jenis Larangan Ikan Impor Famili Salmonidae (Salmon)-Mancing Mania dan artikel ini url permalinknya adalah https://mancingtrus.blogspot.com/2014/12/hobi-mancing-5-jenis-larangan-ikan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.