Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Ikan Famili Cichildae-Mancing Mania

Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Ikan Famili Cichildae-Mancing Mania - Hallo sahabat MANCINGTRUS, Ini adalah sebuah blog directory yang bersumber dari feed blog maupun situs yang membahas tentang dunia Mancing atau hobi mancing (mancing mania).Kali ini kami akan sharing tentang Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Ikan Famili Cichildae-Mancing Mania, silahkan dibaca artikelnya dibawah ini.

Penyanyi : Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Ikan Famili Cichildae-Mancing Mania
Judul lagu : Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Ikan Famili Cichildae-Mancing Mania

lihat juga


Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Ikan Famili Cichildae-Mancing Mania

Berikut Jenis - Jenis Ikan Cichildae
Ikan jenis Cichildae termasuk jenis ikan yang tidak boleh diimpor dari luar negeri seperti Tilapia mariae dan Tilapia zillii. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).


1. Tilapia mariae

Nama Ilmiah : Tilapia mariae
Nama Umum : spotted mangrove cichlid, black mangrove cichlid

Taksonomi Tilapia mariae
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Cichildae
Genus : Tilapia

Deskripsi Tilapia mariae
Tilapia mariae adalah ikan yang dapat bertahan pada hampir semua kondisi perairan, ketika juvenil ikan ini memiliki garis pada tubuhnya, dan berubah menjadi titik-titik ketika sudah dewasa. Studi filogenetik baru-baru ini telah menemukan Tilapia menjadi paraphyletic dan hampir pasti bahwa Mariae Status of' Tilapia generik akan berubah. Kemungkinan besar Pelmatolapia subgenus, yang Mariae 'nila' milik, akan dinaikkan menjadi status generik penuh.

Habitat/Ekologi Tilapia mariae
Ikan ini biasanya menghuni perairan tawar tergenang atau mengalir dengan substrat lumpur,hidup pada kisaran suhu perairan 11-37 °C dengan kisaran suhu yang lebih disukai 25-33 °C. Meskipun merupakan spesies air tawar, ikan ini memiliki toleransi salinitas yang relatif luas dan hidup di daerah muara.

Penyebaran Daerah Asli Tilapia mariae
Pantai Gading, Benin, Kamerun, dan Nigeria.

Penyebaran Daerah Asing Tilapia mariae
Florida, Arizona, dan Nevada (Amerika Serikat).

Dampak Tilapia mariae
Ikan ini berpotensi menjadi ancaman yang kompetitif bagi spesies asli dan dapat menurunkan keanekaragaman hayati, sangat agresif dan teritorial saat berkembang biak, serta memiliki fekunditas yang tinggi.


2. Tilapia zillii

Nama Ilmiah : Tilapia zillii
Nama Umum : cichlid, redbelly tilapia, striped tilapia.

Taksonomi Tilapia zillii
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Cichildae
Genus : Tilapia

Deskripsi Tilapia zillii
Tilapia zillii memiliki panjang maksimum 40 cm dengan berat maksimum 300 gram. Mempunyai duri punggung 13 - 16 buah. Bibir berwarna hijau terang dan dada berwarna merah muda. Sirip berwarna kuning langsat, tertutup bintik-bintik kuning dengan sirip punggung dan anal menampilkan garis besar berwarna orange. Kepala berwarna biru tua sampai hitam dengan bintik-bintik biru kehijauan. Telur berwarna hijau, lengket dengan diameter 1-2 mm, relatif lebih kecil dibandingkan telur cichlids lainnya. Satu bulan setelah pemijahan, Tilapia zillii dapat bertelur lagi dan dalam rentang aslinya, ikan ini dapat berkembang biak sepanjang tahun.

Habitat/Ekologi  Tilapia zillii
Tilapia zillii pada umumnya hidup di perairan dangkal beriklim tropis, dapat hidup di atas pasir berlumpur dan mampu mentelorir pH antara 6 sampai 9. Suhu optimal T. zillii antara 20 sampai 32 oC, dapat mentolerir suhu antara 11 sampai 36 oC. Jika suhu di bawah 16 oC, bisa menyebabkan ikan jenis ini lesu dan rentan terhadap predator dan penyakit. Sebagian besar hidup di air tawar namun dapat juga ditemukan di peraiaran payau dan kadang-kadang ditemukan pula di perairan laut dengan toleransi salinitas hingga 29 - 45 ppt.

Penyebaran Daerah Asli Tilapia zillii
Kameroon, Benin, Afrika tengah, Congo, Mesir, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea-Bissau, Israel, Kenya, Libanon, Liberia, Mali, Mauritania, Nigheria, Senegal, Togo, Tunisia, Jordania, Sudan, Sierra leone, dan Uganda.

Penyebaran Daerah Asing Tilapia zillii
Ethiopia, Iran, Inggris, Jepang, Madagaskar, Mauritius, Mexico, New Caledonia, Filiphina, Rusia, Sri Lanka, Suriah, Taiwan, Tanzania, Turki, dan USA.


Dampak Tilapia zillii
Tilapia zillii dewasa merupakan herbivora yang sangat rakus, sering mengurangi kerapatan tanaman dan mengubah komposisi tanaman asli. Ikan ini dapat mengancam organisme air lainnya yang bergantung pada tanaman tersebut untuk makanan, perlindungan atau pemijahan.
Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula
Semoga Bermanfaat


Demikianlah Artikel tentang Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Ikan Famili Cichildae-Mancing Mania

,dan sekian dulu kita bahas Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Ikan Famili Cichildae-Mancing Mania,semoga bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Ikan Famili Cichildae-Mancing Mania dan artikel ini url permalinknya adalah https://mancingtrus.blogspot.com/2014/12/hobi-mancing-larangan-impor-2-jenis.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.