Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Family Ikan Gobiidae -Mancing Mania

Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Family Ikan Gobiidae -Mancing Mania - Hallo sahabat MANCINGTRUS, Ini adalah sebuah blog directory yang bersumber dari feed blog maupun situs yang membahas tentang dunia Mancing atau hobi mancing (mancing mania).Kali ini kami akan sharing tentang Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Family Ikan Gobiidae -Mancing Mania, silahkan dibaca artikelnya dibawah ini.

Penyanyi : Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Family Ikan Gobiidae -Mancing Mania
Judul lagu : Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Family Ikan Gobiidae -Mancing Mania

lihat juga


Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Family Ikan Gobiidae -Mancing Mania

Berikut Jenis - Jenis Ikan Gobiidae
Ikan jenis Gobiidae termasuk jenis ikan yang tidak boleh diimpor dari luar negeri. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).

1. Acanthogobius flavimanus

Nama Ilmiah : Acanthogobius flavimanus
Nama Umum : yellowfin goby

Taksonomi Acanthogobius flavimanus
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Gobiidae
Genus : Acanthogobius

Deskripsi Acanthogobius flavimanus
Acanthogobius flavimanus mudah diidentifikasi karena ukurannya yang besar. Ikan dengan nama umum yellowfin goby ini memiliki kepala yang besar dan tubuh memanjang dan dapat tumbuh hingga mencapai panjang 30 cm. Warna ikan ini adalah coklat pucat dengan bintik-bintik dengan sirip ventral berwarna kuning dan beberapa ikan gobi lain memiliki sirip ventral bening, putih, abu-abu atau hitam. Juvenil ikan jenis ini memiliki sirip ventral pucat dan anus berwarna kuning.


Habitat/Ekologi Acanthogobius flavimanus
Acanthogobius flavimanus menghuni dasar berlumpur dan berpasir sepanjang pantai teluk, muara dan terkadang naik ke sungai. Ikan jenis ini biasanya ditemukan di perairan tawar dengan kedalaman sampai dengan 14 meter.

Penyebaran Daerah Asli Acanthogobius flavimanus
Cina, Jepang, Korea, Malaysia, Federasi Rusia, Vietnam
Penyebaran Daerah Asing
Australia, Amerika Serikat

Dampak Acanthogobius flavimanus
Introduksi dari Acanthogobius flavimanus berdampak pada penurunan dan perubahan komunitas spesies ikan asli. Introduksi ikan jenis ini di California menyebabkan ikan endemik Eucyclogobius newberryi terancam punah karena kalah bersaing dalam hal sumber makanan.


2. Tridentiger trigonocephalus

Nama Ilmiah : Tridentiger trigonocephalus
Nama Umum : chameleon goby

Taksonomi Tridentiger trigonocephalus
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Gobiidae
Genus : Tridentiger

Deskripsi Tridentiger trigonocephalus
Mempunyai dua sirip punggung, sirip anal memiliki warna abu - abu dengan garis oranye di bagian tengahnya. Ikan dewasa dapat tumbuh dengan panjang hingga 120 mm. Goby berwarna abu kecoklatan yang mempunyai karakteristik utama yaitu kepala berbintik-bintik putih dan terdapat 2 (dua) garis hitam. Garis hitam pertama memanjang dari belakang mata sampai ke sirip ekor sedangkan garis hitam ke dua dari moncong melewati bagian atas sirip dada sampai ke sirip ekor.

Habitat/Ekologi Tridentiger trigonocephalus
Tridentiger trigonocephalus merupakan ikan asli Asia yang menyebar melalui pemberat kapal di air. Merupakan ikan yang mempunyai habitat di air tawar, payau, laut, maupun habitat buatan. Dapat hidup di perairan dangkal bagian bawah, di bawah batu, di liang, atau di celah-celah. Untuk goby yang tinggal di perairan dangkal bagian bawah dapat ditemukan tempat tinggal mereka di padang lamun. Di negara aslinya, Chameleongoby biasanya ditemukan di daerah berbatu, pantai dan air tawar. Di negara penyebarannya Australia, ditemukan pada air payau dan air asin sedangkan di Amerika Serikat ditemukan pada lingkungan payau dan air tawar.


Penyebaran Daerah Asli Tridentiger trigonocephalus
Asia (China, Hongkong, Japan, Korea, Rusia , dan Taiwan).
Penyebaran Daerah Asing
Australia dan Amerika Serikat

Dampak Tridentiger trigonocephalus
Tidak ada informasi dalam ISSG (Invasive Species Specialist Group) tentang dampak yang ditimbulkan oleh Tridentiger trigonocephalus. Chameleon goby memiliki persyaratan habitat tertentu dan mungkin saja mereka akan bersaing dengan spesies lain yang memiliki persyaratan habitat yang sama.
Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula
Semoga Bermanfaat


Demikianlah Artikel tentang Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Family Ikan Gobiidae -Mancing Mania

,dan sekian dulu kita bahas Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Family Ikan Gobiidae -Mancing Mania,semoga bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel Hobi Mancing-Larangan Impor 2 Jenis Family Ikan Gobiidae -Mancing Mania dan artikel ini url permalinknya adalah https://mancingtrus.blogspot.com/2014/12/hobi-mancing-larangan-impor-2-jenis_16.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.