Tips Mancing-Cara Memancing Kepiting dan Rajungan-Mancing Mania

Tips Mancing-Cara Memancing Kepiting dan Rajungan-Mancing Mania - Hallo sahabat MANCINGTRUS, Ini adalah sebuah blog directory yang bersumber dari feed blog maupun situs yang membahas tentang dunia Mancing atau hobi mancing (mancing mania).Kali ini kami akan sharing tentang Tips Mancing-Cara Memancing Kepiting dan Rajungan-Mancing Mania, silahkan dibaca artikelnya dibawah ini.

Penyanyi : Tips Mancing-Cara Memancing Kepiting dan Rajungan-Mancing Mania
Judul lagu : Tips Mancing-Cara Memancing Kepiting dan Rajungan-Mancing Mania

lihat juga


Tips Mancing-Cara Memancing Kepiting dan Rajungan-Mancing Mania

Bagaimana cara memancing kepiting dan rajungan? Bagi Anda yang merupakan seorang penggemar seafood pasti sudah tahu kalau kepiting dan rajungan sama-sama memiliki daging yang lezat. Keduanya bisa diolah dengan cara dibakar, digoreng, dibuat sup, atau pun dimasak menggunakan rempah-rempah. Sayangnya, harganya yang mahal membuat kita tidak bisa menikmati kedua binatang krustasea ini terus-menerus.
Solusi yang paling murah untuk menikmati kepiting dan rajungan sepuasnya tentu saja dengan menangkapnya sendiri. Tidak terlalu sulit kok untuk memancing keduanya. Bahkan sifatnya yang rakus membuat kedua binatang air ini cukup mudah ditangkap. Khusus bagi Anda yang ingin memancing kepiting atau rajungan, salah satu triknya ialah Anda harus mengangkat joran dengan hati-hati supaya mulutnya yang rapuh tidak terkoyak.
cara-memancing-kepiting-rajungan.jpg
Biar makin gampang dalam memancing kepiting maupun rajungan, ikuti saran-saran dari kami sebagai berikut :
Waktu
Waktu memancing kepiting yang terbaik adalah pada saat kondisi sungai sedang banjir. Pada umumnya, kepiting akan bergerak aktif ketika banjir karena mereka tergoda mencari makanan yang banyak dihanyutkan oleh air. Bahkan tidak jarang ada pula kepiting yang naik ke daratan. Jadi disarankan untuk memancing kepiting pada waktu hujan sudah reda, mulai dari subuh hingga menjelang matahari terbit.

Lokasi
Kepiting-kepiting yang berukuran jumbo banyak ditemukan di daerah hutan bakau, sekitar pintu air pada bendungan, dan lingkungan pertambakan. Semakin jernih kondisi air di dalamnya, biasanya semakin banyak pula kepiting-kepiting yang berada di lokasi tersebut. Sebaliknya hindari sungai-sungai yang kondisi airnya tengah surut, terlihat kotor, dan banyak mengandung sampah nonorganik

Umpan
Baik kepiting maupun rajungan dikenal sama-sama mempunyai sifat makan yang cukup rakus. Anda bisa menggunakan berbagai jenis umpan seperti yang umum dipakai memancing ikan air tawar. Misalnya seperti potongan ikan, udang kupas, dan katak. Namun umpan yang paling ampuh untuk mancing kepiting ialah potongan belut. Sebagai alternatif karena harga belut yang mahal, Anda juga bisa memanfaatkan potongan daging ular sebagai umpan kepiting dan rajungan.

Alat
Alat yang dapat digunakan untuk memancing kepiting berupa joran bambu yang panjangnya sekitar 1,5-2 m. Kemudian pada joran tersebut dipasangi tali senar/line yang berukuran dua kali panjang joran. Memancing rajungan atau kepiting tidak memerlukan kail. Sebagai gantinya Anda bisa memakai sebatang bilah bambu atau kawat jeruji sepanjang satu jengkal tangan serta kulit kerang sebagai stoper. Berikutnya pasang umpan di bilah bambu/kawat tersebut.

Teknik
Sederhana saja untuk memancing kepiting/rajungan ini. Masukkan tali pancing di sepot yang diprediksi menjadi tempat persembunyian kepiting dan rajungan. Pastikan umpan tenggelam di dasar air. Tanda bahwa umpan Anda dimakan oleh kepiting ialah tali senar yang tadinya kendur akan menegang. Jangan langsung mengangkat joran dengan gerakan yang cepat karena pasti bakal merusak mulut kepiting. Anda harus pelan-pelan menarik line tersebut. Kemudian setelah kepitingnya sudah kelihatan, silakan gunakan jaring serok untuk menangkap kepiting tadi.


Demikianlah Artikel tentang Tips Mancing-Cara Memancing Kepiting dan Rajungan-Mancing Mania

,dan sekian dulu kita bahas Tips Mancing-Cara Memancing Kepiting dan Rajungan-Mancing Mania,semoga bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel Tips Mancing-Cara Memancing Kepiting dan Rajungan-Mancing Mania dan artikel ini url permalinknya adalah https://mancingtrus.blogspot.com/2016/08/tips-mancing-cara-memancing-kepiting.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.